KIAT-KIAT MENDISIPLINKAN DIRI DALAM MENULIS

Triyana Puspa Dewi
Follow me
Latest posts by Triyana Puspa Dewi (see all)

Sahabat Prodigy …

Mendisiplinkan diri dalam menulis itu perlu. Dengan seperti itu, Anda bisa menjadi penulis produktif dengan hasil karya berkualitas. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk maltih kedisiplinan menulis.

Mulai dengan Platform Menulis

Kita beruntung terlahir di dunia teknologi yang serba canggih. Agar tulisan kita bisa dibaca orang lain, kita tidak perlu menerbitkan buku atau membayar mahal di media cetak. Kita bisa mulai dengan memanfaatkan platform tulisan yang ada, misalnya blog, website, wattpad, dan aplikasi menulis lain.Orang-orang pun akan mulai menikmati karya kita.

Dengan adanya platform tersebut, mengharuskan kita setidaknya setiap dua atau tiga hari sekali menerbitkan tulisan. Hal inilah yang akan membantu kita mendisiplinkan diri.

Luangkan Waktu, Bukan Menunggu Waktu Luang

Ada banyak penulis pemula mengeluhkan bahwa mereka tidak punya cukup waktu luang. Mereka harus bekerja dan melakukan banyak hal dalam sehari. Dan tentu saja, tidak ada waktu untuk menulis.

Mereka menunggu agar punya waktu luang. Dan selama apapun mereka menunggu, mereka tidak akan pernah punya waktu. Pada akhirnya, impian menjadi penulis pun tidak akan pernah terwujud.

Jangan mencari waktu luang, tetapi ciptakan waktu luang. Bisa sebelum Anda tidur atau sesudah Anda bangun di pagi hari. Ayolah ,,, apa sulitnya menginvestasikan sedikit waktu untuk impian Anda.

Cukup satu jam perhari dan diakhir tahun Anda akan menciptakan sebuah buku yang siap terbit atau ratusan karya di platformAnda. Itu jika Anda serius mewujudkan impian Anda menjadi penulis.

Baca juga :  PERAN TULISAN SEBAGAI MEDIA DIPLOMASI

Tetapkan Target yang Realistis

Menetapkan target yang realistis akan mendorong kita untuk terus berkarya. Sebaliknya, target yang tidak realistis adalah pembunuh nomor satu.

Katakanlah Anda masih pemula. Saya tahu Anda ingin menulis novel, tetapi alangkah baiknya jika Anda mulai produktif menghasilkan cerpen atau cerbung dulu. Atau jika Anda ingin menulis artikel dengan insight mendalam, mulai dengan menulis artikel-artikel sederhana dulu.

Dengan demikian, Anda akan mulai terbiasa dengan keberhasilan-keberhasilan kecil. Saat Anda sudah mencapainya, saya rasa Anda sudah siap untuk berjuang mewujudkan impian besar Anda menjadi penulis buku best seller atau bloger ahli yang mengupas topik tertentu.

Jadikan Menulis Sebagai Candu

Ketika Anda menjadikan sesuatu sebuah candu, maka Anda selalu merasa tergantung atau membutuhkannya, bukan? Seolah Anda tidak bisa hidup tanpanya.

Nah, jadikan menulis sebagai candu agar Anda selalu merasa butuh untuk melakukannya, bukan sekadar hobi atau iseng belaka.

Fokus

Nah, ini yang terkadang sulit dilakukan. Sebenarnya mudah, asalkan konsen menulis tanpa membuka aplikasi sosial media apapun.

Temukan Teman Seperjuangan

Dua kepala lebih baik dari satu kepala. Memiliki teman seperjuangan memungkinkan kita bisa berdiskusi jika menemui hambatan dalam menulis. Selain itu, melakukan pekerjaan dengan orang yang memiliki minat yang sama besarnya dengan kita, adalah hal yang menyenangkan.

Jadi, bergabunglah dengan forum-forum menulis. Jadilah anggota yang aktif dan jalin persahabatan dengan sesama penulis. Akan ada saat di mana keberhasilan teman-teman Anda menerbitkan novel atau diterima di media cetak menjadi motivasi terbaik bagi Anda.

Perbanyak Membaca

Pengetahuan adalah kekuatan dalam menulis. Semakin luas wawasan Anda, semakin banyak ide yang Anda tangkap dan mendorong Anda untuk menciptakan karya-larya selanjutnya.

Beberapa manfaat membaca bagi karier kepenulisan Anda, meliputi:

  • Kaya Perspektif

Semua bacaan memiliki sudut pandang yang unik. Jika Anda banyak membaca, Anda akan tahu bagaimana menggunakan suatu sudut pandang untuk menyempurnakan karya-karya Anda.

  • Kosakata

Ketika membaca, secara tidak sadar kita menyerap kosakata yang ada dalam sebuah bacaan. Hal tersebut merupakan modal untuk menciptakan paragraf-paragraf jenius bagi karya Anda selanjutnya.

  • Menghargai Penulis Lainnya

Dengan membeli atau membaca karya penulis lainnya, kita ikut mendukung penulis tersebut untuk terus merasa dihargai sehingga mereka akan terus berkarya. Karena Anda juga penulis, suatu saat Anda pun akan mengalami rasa senang ketika ada orang lain yang mengapresiasi karya Anda.


Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.