ORANG LAIN DAN KITA, BERBEDA

Orang Lain dan Kita Berbeda

Tontonlah berita malam di televisi dan kita akan melihat daftar berita politik yang bercarut-marut saling menjatuhkan, berita kejahatan dan penggandaan uang. Bacalah halaman bisnis koran dan kita akan mengetahui perusahaan lokal mana yang melakukan PHK karyawannya. Dengarkan radio pagi ini di headline news, maka lebih sering pemberitaan curanmor. Jika memang netizen aktif, coba stalking berita harian, maka akan muncul blacklist demotivasi tentang pemerintah yang korupsi, berita asusila, tawuran sengketa bahkan keluhan mahasiswa penganggguran. Perspektif kita akan gambaran utuh tentang hidup bisa dibentuk atau dihancurkan oleh peristiwa yang menyita perhatian.

Berita itu tidak menayangkan kisah tentang seorang yang mengalami hari menyenangkan dan pulang ke keluarganya yang bahagia. Berita itu tidak menayangkan keberlangsungan bisnis sebuah perusahaan sehat. Berita itu tidak menyiarkan cerita motivasi pelajar atau pebisnis yang berhasil meraih cita-citanya. Tidak memberitakan mahasiswa yang berhasil bertahan hidup dan kuliah di luar negeri dengan beasiswanya.

Sahabat,

Jangan sampai gambaran negatif dunia ini memburamkan perspektif kita.

Anthony Jhonson, seorang dosen kimia di New Jersey Institute of Technology, bekerja meneliti sinar laser yang mampu bergerak dengan kecepatan sepersquadriliun detik atau satu juta kali lebih cepat, daripada 1 nano detik.

Anthony adalah putra seorang sopir bus, dari keluarga dimana semua laki-laki bekerja menjadi sopir bus atau masinis kereta. Hampir semua anggota keluarganya tumbuh dengan pergulatan untuk melunasi tagihan dan mempunya  tempat tinggal tetap.

Namun, Anthony melihat jalan hidupnya sendiri sejak SMA, kemudian di universitas, hingga akhirnya di program pascasarjana. Dan kini, ia tengah mencari ahli fisika penerusnya.

Banyak sekali anak muda yang menyia-nyiakan ilmu pengetahuannnya; itulah tantangan kita sesungguhnya. Jika kita tidak memberikan contoh kepada para mahasiswa, mereka tidak akan memimpikan karier di bidang ilmu pengetahuan atau bidang lain. Terlalu banyak yang menyerah, karena terlalu banyak yang telah menyerah di sekeliling mereka.

Baca juga :  JADILAH INSPIRASI BAGI ORANG LAIN

Anthony mengatakan bahwa ia tidak akan mencapai semua ini jika tanpa orang-orang hebat yang mencurahkan perhatian dan membantunya melihat apa yang mampu dilakukannya. Ia mengatakan “Saya tidak akan hanya duduk diam tanpa mencari penerus dan menunjukkan kepada mereka apa yang dilakukan di sini. Karena apa yang kami lakukan dapat mengubah masa depan”

Penelitian menyebutkan orang tujuh kali lebih optimis akan masa depan mereka sendiri daripada masa depan generasi penerus mereka(Arnett, 2000).

Kesimpulan,

Jangan sisipkan pengetahuan-pengetahuan negatif dan demotivasi dalam diri sendiri, karena itu tak mengubah diri kita. Persepsikan segala sesuatu pada yang positif dan mulailah bergerak untuk mengajarkannya kepada orang lain. Dalam dunia ini hanya ada 2 hukum relasi, menjadi objek dampak lingkungan atau menjadi sumber sebuah perubahan kepada lingkungan.

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri(Q.S. Al-Isra:7).

Facebook Comments
Latest posts by Writing Prodigy (see all)

38 Comments






































Leave a Reply

Your email address will not be published.