SEJARAH DUNIA MENULIS

Sejarah Dunia Menulis
Ns. Satya Putra Lencana RN
Follow me

Sahabat …

Kita perlu tahu sejarah tulis menulis sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kita kepada siapapun yang telah menorehkan tinta pertama mengawali sejarah ini. Demikian adalah sebuah adab yang perlu dibudayakan bahwa kita perlu menghormati sejarah lainnya selain tulis menulis, apapun itu. Prinsip ini kita junjung tinggi supaya setiap generasi penerus yang hidup setelah kita kelak bisa mengambil ibrah, pelajaran, hikmah, dan contoh tauladan yang dapat dipetik dari kisah-kisah hidup orang zaman dahulu.

Menulis adalah sebuah pekerjaan mengubah logika, perasaan, dan pengetahuan ke dalam sebuah tulisan melalui bahasa. Menulis adalah proses menerjemahkan ide atau gagasan ke sebuah tanda yang kemudian disebut lambang, lalu berkembang menggunakan aksara yang kemudian tersusun menjadi tulisan (baik tulisan tangan maupun ketik secara modern) dan tulisan ini lah yang menjadi unsur pembentuk bahasa.

Sejarah kepenulisan dunia dapat kita lihat dlam sebuah kitab berjudul Kitab Peninggalan-Peninggalan Bersejarah Para Nabi karya Abdul Syukur al-Azizi, di dalamnya disebutkan bahwa Nabi Idris ‘alaihissalam adalah penemu tulisan pertama dalam sejarah peradaban umat manusia.

Hal ini berdasarkan hadist Nabi Muhammad ﷺ yang diriwiyatkan oleh Muslim dari Mu’awiyah bin Al-Hakam As-Sulami, yakni: ”Dahulu, ada seorang nabi yang menulis dengannya (maksudnya menulis di atas pasir). Barang siapa sejalan dengan tulisannya, demikian itulah (tulisannya)” [1]

Hadis Nabi Muhammad ﷺ  ini menjelaskan firman Allah Subhanahu wata’ala, “Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut di dalam Al-Qur’an). Sesungguhnya, ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan, kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi” [2]

Dalam kitab ini dijelaskan bahwa manusia sudah berbicara menggunakan 72 bahasa pada masa Nabi Idris ‘alaihissalam. Saat berdakwah kepada kaumnya, ia sudah menggambar pembangunan kota-kota, sehingga kota yang berhasil dibangunnya berjumlah 188 kota (Syukur, 2014).

Sejarah mencatat, sekitar 3.500 hingga 3.000 SM, Bangsa Sumeria (Irak) telah dikenal sebagai bangsa paling tua di dunia yang memiliki bukti kemampuan menulis. Pada 3.000 hingga 2.000 SM, bangsa Mesir juga menunjukkan bukti yang sama. Bahkan, sekitar 2.500 hingga 2.000 SM, bangsa Mesir membuat piramida, dan Bangsa Sumeria (Babilonia) membuat taman gantung yang masih bisa disaksikan hingga saat ini (Syukur, 2014).

Bukti-bukti adanya karya tulis tertua memang ditemukan di tempat Nabi Idris ‘alaihissalam menyeru kaumnya, yaitu tempat bangsa Sumeria. Hal ini semakin menguatkan bahwa Nabi Idris ‘alaihissalam adalah manusia pertama yang mengenalkan tulisan.

Beberapa tahun silam, ilmuwan modern dan para ahli arkeologi berhasil menemukan sejumlah perabotan dan barang-barang yang diperkirakan berusia 4.000 tahun. Beberapa benda yang berhasil ditemukan adalah sebuah lempengan dari tanah yang berasal dari zaman Sumeria. Di atas lempengan itu, terdapat tulisan tentang matematika dalam bentuk tulisan huruf paku.

Beliau juga dikenal sebagai manusia pertama yang menulis menggunakan pena. Para ilmuwan pernah menemukan beberapa potongan naskah kuno yang diklaim terkait dengan Nabi Idris ‘alaihissalam. Oleh para sejarawan, naskah kuno itu disebut Kitab Henokh. Salah satu cerita dalam kitab itu berisi tentang peradaban tertua di bumi Lemuria, Atlantis yang hilang ditelan bumi. Juga, prediksi tentang banjir besar yang akan terjadi di bumi. Para ilmuwan itu menduga Kitab Henokh ditulis Nabi Idris ‘alaihissalam yang juga dikenal dengan nama Akhnukh  yang dalam bahasa Ibrani disebut Henokh.

Nabi Idris ‘alaihissalam adalah sosok inspirasi sebagai bagian dari orang-orang berpengaruh terhadap dunia literasi di dunia. Beliau adalah nabi yang sangat pintar, orang pertama kali menciptakan tulisan dan menemukan alat tulis, pandai menggambar, menjahit, serta ahli astronomi. Beberapa ulama menyebutkan, Nabi Idris AS hidup sekitar tahun 4.533 hingga 4.188 SM (Al-Maghuts, 2012).

Baca juga :  TANTANGAN MENULIS DI ERA DIGITAL

Sejarah tulis menulis di Indonesia tidak lepas dari para sastrawan, cendekiawan dan jurnalis yang semakin hari semakin berkembang pesat seiring dengan masuknya era digital dan internet. Datangnya era ini tentu sedikit banyak memiliki sideeffect sendiri bagi dunia menulis dan media informasi terutama baik media cetak.

Tantangan bagi penulis ke depan, tentu harus lebih cepat dan upptodate setiap informasi yang muat di media, sedangkan media saat ini lebih bertendensi pada digital yang lebih menguntungan. Selain lebih praktis juga penggunaan media online bisa memangkas biaya-biaya yang harus dikeluarkan dibanding mencetak.

Seiring perkembangan zaman, motivasi menulis masyarakat kita sudah mulai bekembang dengan multipurpose (banyak tujuan) yang ingin dicapai. Ada yang menulis untuk keuntungan finansial, ada yang menulis untuk sebuah hiburan, menulis untuk menyampaikan informasi baru (isu) terkini dan ada juga yang menulis sebagai bentuk luapan emosi dan penyambung aspirasi kepada berbagai pihak.

Minat membaca dan menulis bangsa kita itu tinggi, tetapi daya membaca dan menulisnya yang rendah. Membaca dan menulis pesan singkat melalu sosial media lebih trend daripada membaca dan menulis buku itu sendiri. Kondisi ini ditambah oleh perangkat elektronik smartphone yang saat ini juga sangat memanjakan dan memudahkan penggunanya. Dengan adanya fitur wattpad yang di dalamnya tersedia banyak sekali bahkan jutaaan buku dapat di download secara gratis.

Kondisi ini nampaknya akan menggiring kemana arah sejarah dunia tulis menulis ini akan berlayar. Meskipun sudah banyak dilakukan penelitian ilmiah terkait dampak negatif yang ditimbulkan dari membaca, berlama-lama dengan gadget, namun peringatan itu tidak diserap sempurna dan menyeluruh oleh kalangan masyarakat di berbagai negara.

Indonesia sendiri termasuk dalam peringkat “lima besar” negara pengguna gadget, khususnya smartphone. Data tahun 2014 menunjukkan bahwa pengguna aktif smartphone adalah sekitar 47 juta, atau sekitar 14 persen dari seluruh pengguna handphone

Bila dilihat dari komposisi usia, persentase pengguna gadget yang termasuk kategori usia anak-anak dan remaja di Indonesia cukup tinggi, yaitu 79,5 persen. Survei yang dilakukan oleh Kementerian Informasi dan UNICEF tahun 2014 itu menggambarkan pula bahwa anak menggunakan gadget sebagian besar untuk mencari informasi, hiburan, serta menjalin relasi sosial. Adapun survei yang dilakukan oleh Indonesia Hottest Insight di tahun 2013 bahkan menunjukkan bahwa 40 persen anak di Indonesia sudah melek teknologi, atau disebut juga dengan active internet user (Wulandari, 2016)

Secara spesifik, 63% anak telah memiliki akun facebook, yang digunakan update status, bermain game online, serta mengunggah foto-foto; 9% anak telah memiliki akun Twitter; dan 19% anak terlibat secara aktif bermain game online di internet dari gadget-nya (Wulandari, 2016).

Kondisi ini sangat bertolak belakang dengan contoh yang diberlakukan oleh Steve Jobs dan Bill Gates kepada anak-anaknya yang sangat melarang dengan tegas untuk tidak menggunakan gadget sampai dengan usia 14 tahu. Selain dampak kesehatan yang ditimbulkan kurang baik, juga kesempatan orang tua dan anak untuk bermain bersama menjadi berkurang, teramsuk kemampuan sosial anak kepada teman-teman sebaya-nya jika sudah dewasa nanti.

Gadget bagi anak itu dapat bersifat adiktif. Memutus rantai kecanduan terhadap gadget tidak mudah. Kita sebagai masyarakat dan orang tua seharusnya lebih cerdas dalam memilihkan media bermain dan belajar bagi anak yang lebih edukatif, memicu kreatifitas anak dan tentu aman dari sisi kesehatan.

Apa hubungan gadget dengan dunia kepenulisan? Kita tahu bahwa anak adalah aset bangsa, anak yang akan menggantikan peran kita kelak dan kita kelak akan kembali berada ke posisi anak-anak seperti mereka. Menanamkan pola asuh anak dengan begitu mudahnya bermesraan dengan gadget bukan berarti tanpa hasil. Suatu saat ideal diri, konsep diri dan koping anak saat dihadapkan kepada satu persoalan sangat berbeda dengan mereka yang tidak diberikan gadget sejak dini. Membiarkan anak begitu bebas bermain dengan gadget sama artinya dengan menyerahkan pola asuh anak kepada gadget. Peran orang tua tergantikan oleh gadget.

Bagaimana anak akan senang membaca lalu gemar menulis jika sedari kecil disodorkan ‘makanan siap saji’ (baca : ‘Kebebasan akses internet dan gadget’). Mereka tidak sempat berkembang sesuai kebutuhan biologis sesuai usianya dan akan cenderung introvet (menyendiri). Jika pola asuh ini terus dibiarkan, risiko isolasi sosial pada anak lebih tinggi dan mereka akan beranjak dewasa atas sebagai Anak Asuhan Gadget!.


DAFTAR PUSTAKA

Al-Maghuts, S. B. (2012). Atlas Sejarah Nabi dan Rasul. Jakarta Timur: Almahira.
Syukur, A.-A. A. (2014). Kitab Peninggalan-Pninggalan Bersejarah Para Nabi. Yogyakarta: Saufa.
Wulandari, P. Y. (2016, Maret 11). Health Info : Anak Asuhan Gadget. Dipetik April 22, 2019, dari Liputan 6: https://www.liputan6.com/health/read/2460330/anak-asuhan-gadget


[1] HR. Muslim
[2] Al-Qur’an Surah Maryam (19) ayat 56


Facebook Comments

48 Comments





















  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I have really enjoyed surfing around your blog posts.
    In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  2. Hello there! This is kind of off topic but I need some guidance from an established blog.

    Is it very difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast.

    I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to begin. Do you have any points or suggestions?
    Thanks

    Look at my blog :: oil swishing

  3. I have nnot checked in here for a while since I thought it was getting boring,
    but the last several posts are great quality so Iguess
    I’ll add you back to my daily bloglist. You deserve itt my friend 🙂

  4. There are definitely a lot of details like that to take into consideration.
    That may be a nice level to carry up. I supply the ideas above
    as normal inspiration but clearly there are quiestions like the
    onee you deliver up where crucial thing shall be working in trustworthy good faith.
    I don?t kknow iif finest practices have emerged round things like that,
    however I’m sure that your job is clearly recognized as
    a good game. Both girls and boys feel the avfect of only a second’s pleasure, for the remainder of their lives.

  5. This website online iss really a stroll-by way of for all
    of the information you needed about this and didn’t know who to
    ask. Glimpse here, andd you’ll definitely discover it.

  6. It’s actually a nice and helpful piece of information. I am happy that you simply shared this
    useful info with us. Please keep uss up to date like this.
    Thank you for sharing.

  7. I’m very happy to read this. This is the type of manual that needss to
    be given and not thee random misinformation that is at the other blogs.
    Appreciate your sharing thijs greatest doc.

  8. Hello just wanted to give you a quick heads up. The words in your
    post seem to be running off the screen in Ie. I’m not
    sure if this is a formatting issue or something to do
    with internet browser compatibility but I thought I’d post to let you know.

    The design and style look great though! Hope you get the problem resolved soon.
    Kudos

    Here is my blog post :: fat loss diets

  9. I am only commenting to let you understand of the really good experience our girl developed viewing yuor web blog.

    She mastered numerous things, which include what it’s like to possess an awesome helping
    spirit to make a number of people completely gain knowledge of certain hard to do matters.
    You really did more than her desires. Thanks for imparting these priceless, safe,
    revealing as well as fun tips on this topic to Tanya.

    Review my blog Constance

  10. Thanks for finally talking about > SEJARAH DUNIA MENULIS | WRITING PRODIGY ACADEMY brain rule

  11. Appreciating the persistence you put into your site and detailed
    information you offer. It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t the same old rehashed material.
    Great read! I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds to
    my Google account.

    Look at my web page; Christina

  12. Excellent site you have got here.. It’s difficult to find quality writing
    like yours nowadays. I seriously appreciate individuals like you!
    Take care!!

  13. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a coworker who was doing a
    little homework on this. And he actually bought me dinner simply because I stumbled upon it for him…
    lol. So let me reword this…. Thanks for the meal!!
    But yeah, thanks for spending some time to talk about this topic here on your site.

    Here is my web-site :: oil swishing

  14. Asking questions are genuinely fastidious thing if you are not
    understanding something fully, however this piece of writing provides nice understanding yet.

    Here is my webpage :: omega 3 rich foods

  15. I have to voice my affection for your kindness supporting folks
    that really need guidance on the area. Your very own commitment
    to passing the solution all over appears to be especially useful
    and has continually permitted workers just like me to attain their
    goals. Your new invaluable recommendations means a lot
    a person like me and additionally to my
    mates. Thanks a lot; from everyone of us.

    Have a look at my web site; yeast infection

  16. I beloved as much as you’ll obtain performed right here.
    The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get got an impatience over
    that you wish be turning in the following. sick certainly come more until now again since exactly the same just about very frequently inside of case you
    shield this hike.

    Take a look at my page: real natural skincare

  17. Very nice post. I simply stumbled upon your weblog and wished to mention that I have truly loved
    surfing around your weblog posts. In any case I’ll be subscribing on your feed and I’m hoping you write again soon!

    Stop by my webpage – yeast infection

Leave a Reply

Your email address will not be published.