CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA (REFERENSI) OTOMATIS MENGGUNAKAN MS. WORD

Ns. Satya Putra Lencana RN
Follow me

Hallo Sahabat Prodigy, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat daftar pustaka (referensi) secara otomatis menggunakan Ms. Word. Pada dasarnya fitur ini sudah ada sejak Ms. Word itu sendiri diluncurkan, namun masih banyak orang yang tidak memahami fitur ini, akhirnya tidak dimanfaatkan.

Pada tulisan ini juga Sahabat Prodigy akan sekaligus belajar tentang membuat sitasi dimana masih serangkaian tehnik supaya bisa menghasilkan daftar pustaka (referensi) otomatisnya.

Langkah-langkahnya :

1. Masuklah pada Ms. Word
2. Tulislah kalimat / paragraph yang akan dijadikan contoh
3. Letakkan kursor di akhir kalimat atau paragraph yang akan diberi sitasi.
4. Klik Menu References sesuai tanda panah dan lingkaran orange pada gambar dibawah ini


5. Selanjutnya klik menu Insert Citation
6. Lalu pilih Add New Source


7. Kemudian akan muncul dialog Create Source

Pilih dan klik pada kolom Type of Source, lalu pilihlah sumber yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan scrool down seperti yang ditunjukkan pada lingkaran dan tanda panah orange pada gambar di bawah ini :

  • Book (Buku)
  • Journal Articel  (Jurnal)
  • Website (Situs umum)
  • Report (Laporan)
  • Interview (wawancara)
  • Recording record (Suara Rekaman)
  • Film, dan lain-lain

8. Langkah berikutnya isilah semua kolom yang muncul. Pada tutorial ini kami beri contoh kita menulis referensi/daftar pustaka bersumber dari buku. Maka, klik Book, dan isilah kolom-kolm dibawahnya :
Author                   : Nama penulis.
Title                        : Judul  buku
Year                        : Tahun terbit
City        `               : Kota penerbit
Publisher              : Nama penerbit

9. Pada dasarnya semua isian yang muncul itu adalah isian standard yang wajib di isi. Jika dalam sumber kita dapatkan keterangan lebih seperti Editor, volume, edisi buku, halaman, kita bisa input datanya dengan mengklik Checklist Show All Bibliograpgy Fields sebagaimana yang ditunjukkan pada lingkaran berwarna hijau gambar dibawah ini.

Baca juga :  SENI MENULIS

10. Jika sudah selesai lanjutkan klik OK

Perhatikan gambar dibawah ini :


11. Penulisan nama di referensi selalu menggunakan nama belakang penulis, jika Anda kesulitan untuk mengaturnya, bisa mengklik tombol Edit di sisi paling kanan sebagaimana kami lingkari warna orange pada gambar di atas.

Maka selanjutnya akan muncul dialog sebagai berikut dibawah ini :
Last        : Nama belakang
First       : Nama depan
Middle : Nama tengah

Input semua data lalu klik Add, maka nama penulis secara otomatis akan terususun dan masuk ke kolom yang kami beri tanda panah hijau seperti gambar dibawah ini. Tehnik ini juga sangat membantu pada penulisan yang melibatkan banyak penulis seperti penulisan genre antology umum atau antology ilmiah seperti pembuatan jurnal kesehatan dan sebagainya.


12. Setelah semuanya berhasil, maka Anda akan mendapatkan hasil sebagaimana gambar di bawah ini :

  • Sitasi yang sudah jadi akan berwarna abu-abu yang menandakan bahwa sitasi tersebut secara otomatis tersinkronisasi dengan pembuatan referensi nanti di akhir.
  • Biasanya dalam satu paragraph memiliki beberapa data dari sumber yang berbeda, maka sitasi secara standard di letakkan di akhir kalimat. Namun jika satu paragraph semuanya berasal dari satu sumber, maka sitasi cukup diletakkan di akhir paragraph saja.

13. Step selanjutnya adalah membuat referensi atau daftar pustakanya.
14. Referensi otomatis ini tidak akan muncul jika kursor tidak diletakkan di akhir naskah (paling bawah), maka pastikan kursor Anda aktif pada posisi paling bawah naskah.


15. Langkah berikutnya klik Menu Bibliograpgy
16. Lalu klik Insert Bibliograpgy


17. Nah, sekarang jadi deh referensi otomatisnya. Kerennya, semua udah sesuai urutan abjadnya. Jadi Sahabat Prodigy tidak perlu pusing ngatur manual. Jika sudah terbiasa, ini akan sangat membantu kita menulis naskah yang kaya dengan sumber referensi (rujukan), penulisan ini tentu lebih sangat membantu mereka yang menulis genre Non Fiksi ilmiah. Contoh : Skripsi, Thesis, Jurnal kesehatan, Laporan, Makalah Akademik dan sejenisnya.

Cek gambar di bawah :


Selama mencoba … ^^

Facebook Comments

11 Comments












Leave a Reply

Your email address will not be published.