ENSIKLOPEDIA

Oleh Tim Writing Prodigy Academy


Pengertian Umum

Beberapa ensiklopedia hampir selalu menjelaskan dirinya sebagai suatu karya universal yang ditujukan untuk menyediakan ringkasan komprehensif semua cabang pengetahuan, ilmu, teknologi, dan seni. Budayawan besar Prancis Denis Diderot (1713 – 1784) –– orang yang paling patut mendapat kredit karena berhasil memapankan kedudukan ensiklopedia sebagai karya mapan dalam kebudayaan dan peradaban modern –– menyatakan bahwa “. . . tujuan suatu ensiklopedia adalah untuk menghimpun bersama semua pengetahuan yang tersebar di seluruh muka bumi, menyajikan kerangka umumnya kepada semua orang yang hidup semasa dengan kita, dan meneruskannya kepada orang yang bakal datang sesudah kita. Dengan demikian segala jerih payah manusia selama berabad-abad yang telah silam tidak akan menjadi sia-sia . . ..”

Jika semula ensiklopedia ditulis untuk sesama ilmuwan (scientists), pandit (scholars), dan pakar (experts) yang berkeahlian setara, meluasnya peminat menyebabkan diubahnya haluan penyajiannya sehingga dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang berkemampuan membaca. Sesuai dengan tujuan umum tersebut isi ensiklopedia harus membuat seorang spesialis berkeahlian akan menyetujui kemutakhiran informasi yang diberikannya, sedangkan pembaca kebanyakan akan terbantu dalam mendapatkan tuntunan ringkas menyeluruh dan berimbang yang terjamin mutu ilmiahnya sehingga terandalkan dan terpercaya. Melihat luasnya ruang lingkup yang dicakupnya, ensiklopedia hampir selalu ditulis dan disunting oleh banyak orang sesuai dengan kepakaran dan kespesialisan pokok masalah yang ditanganinya. Karya besar gabungan bercakupan luas seperti itu sering disebut orang ‘ensiklopedia umum’, untuk membedakannya dari ‘ensiklopedia khusus’ yang cakupannya dibatasi hanya pada satu bidang tertentu atau beberapa bidang terkait saja. Baik ensiklopedia umum ataupun ensiklopedia khusus, isinya biasanya terdiri atas sekumpulan artikel tentang subjek secara terpisah sendiri-sendiri dan mandiri, yang tajuk subjeknya lalu disusun menurut abjad untuk memudahkan pemanfaatannya. Susunan berdasarkan klasifikasi subjek, atau gabungan antara klasifikasi subjek dan urutan abjad terkadang juga dipakai, terutama pada ensiklopedia khusus.

Kata ensiklopedia berasal dari kata-kata Yunani enkyklios (yang berarti ‘umum’, ‘menyeluruh’, ‘lengkap’, atau ‘sempurna’) dan paideia (yang bermakna ‘pendidikan’ atau ‘pemiaraan anakanak’). Oleh karena itu, dalam bentuk aslinya enkyklopaedeia berarti pendidikan umum lengkap atau kursus pendidikan komprehensif, yang kemudian lalu dibakukan sebagai istilah untuk menandakan konsep rangkuman karya kecendekiaan yang bersifat universal. Kata ensiklopedia terkadang disingkatkan menjadi ‘siklopedia’ (cyclopedia) dengan arti dan cakupan makna yang sama.

Berdasarkan pengertian umum di atas dapatlah dikatakan bahwa ensiklopedia merupakan suatu karya acuan yang disajikan dalam sebuah (atau beberapa jilid) buku yang berisi keterangan tentang semua cabang pengetahuan, ilmu, dan teknologi, atau yang merangkum secara komprehensif suatu cabang ilmu dalam serangkaian artikel yang tajuk subjeknya disusun menurut abjad. Berdasarkan bentuk penyajian, corak isi, dan pola penyusunan, serta tujuan pemanfaatannya itu terlihat bahwa bentuk ensiklopedia amat menyerupai kamus. Berdasarkan definisi yang umum diterima, kamus adalah sebuah buku acuan yang berisi kata sebagai lema pokoknya yang disusun menurut abjad dengan disertai keterangan tentang maknanya. Adapun kamus bidang ilmu –– yang terkadang disebut pula kamus ensiklopedia –– adalah kamus istilah suatu bidang yang diperluas dengan memasukkan hal-hal lain yang tercakup dalam ranah bidang termaksud sebagai lemanya. Oleh karena itu, selain istilah dalam sebuah kamus bidang akan dijumpai pula lema yang menjelaskan biografi singkat tokoh bidangnya, kronologi sejarah perkembangannya, macam-macam aliran dan teori, karya-karya utama, ikhtisar klasifikasi, nama geografi, lembaga, rincian metodologi penelitian, ilustrasi berupa foto, gambar, atau diagram dan tabel, dan lain-lain. Dari sini terlihat bahwa kamus ensiklopedia hampir menyerupai ensiklopedia, perbedaan mencolok di antara keduanya terletak pada dimuatnya istilah dan metodologi dalam kamus ensiklopedia serta sifat keterangannya yang lebih ringkas dan bersifat teknis

Baca juga :  TESAURUS

Jenis dan Macam Ensiklopedia

Pada dasarnya ensiklopedia itu terbagi atas ensiklopedia umum dan ensiklopedia khusus. Bergantung tujuan, keluasan, dan corak intensitas penyusunannya, ensiklopedia umumsendiri dapat berbeda-beda macamnya. Ada ensiklpopedia umum yang ditujukan pada anak-anak sehingga cakupannya benar-benar disesuaikan dengan dunia dan kejiwaan serta alam pikiran anak-anak. Susunan bahasanya pun sederhana karena kosakata yang dipakainya dibatasi jumlahnya, dan kalimatnya condong pendek-pendek sesuai dengan umur serta tingkat pendidikan mereka. Ensiklopedia umum untuk pembaca dewasa pun ada kalanya dibedakan menjadi ensiklopedia kecil dan ensiklopedia besar, bergantung pada keluasan bahan dan kedalaman pengutaraan subjeknya. Semua lema dalam tiga jilid Ensiklopedia Indonesia yang diterbitkan tahun 1954, misalnya, hanya berisi uraian pendek sepanjang satu paragraf yang tidak lebih dari 100 kata. Sebaliknya dalam 18 jilid Ensiklopedi Nasional Indonesia terbitan tahun 1990-an dapat dijumpai lema yang berhalaman-halaman panjangnya. Hampir setiap ensiklopedia besar pun sebenarnya memunyai kekhasan sendiri-sendiri, yang umumnya disesuaikan dengan negara tempat penerbitannya. Pola kehidupan orang Amerika Utara serta segala sesuatu tentang Amerika Serikat memang tidak akan berpanjang lebar diuraikan dalam Encyclopaedia Brittanica dibandingkan dengan pengutaraannya dalam Encyclopedia Americana.

Sesuai dengan sifatnya, dari semula ensiklopedia khusus membatasi ruang lingkupnya pada suatu bidang saja. Bidang-bidang seni, senjata, mestika, musik, sejarah, berkebun, agama, dan masak-memasak atau makanan dan minuman merupakan cakupan kekhususan yang berturutturut sering menjadi ranah garapan sebuah ensiklopedia khusus. Begitu pula untuk keperluan pendidikan telah diterbitkan orang pelbagai ensiklopedia yang khusus hanya membahas perikehidupan serangga, mamalia, flora, astronomi, matematika, dan topik-topik pendidikan lain, dengan berbagai
macam tingkat kedalaman dan keteknisan bergantung pada peringkat pendidikan yang ditujunya.


DAFTAR PUSTAKA

Kemendikbud. (2019). PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN ENSIKLOPEDA. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud RI.

Facebook Comments
Latest posts by Writing Prodigy (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.