FIKSI

Oleh Tim Writing Prodigy Academy


Pengertian

Fiksi, secara harfiah berarti khayalan/belaka/rekaan. Karya sastra fiksi yakni merupakan cerita khayalan atau cerita rekaan. Hal ini menjadikan karya fiksi menjadi karya naratif yang berisikan bukanlah kebenaran sejarah atau cerita sebenarnya.

Selain itu, fiksi diartikan sebagai cerita atau latar yang bersumber dari imajinasi atau hasil khayalan. Fiksi secara ketat memiliki dasar sejarah atau kenyataan. Fiksi dapat diapresiasikan dalam beragam format yakni meliputi tulisan,acara televisi, pertunjukan langsung, film, animasi, permainan video dan lainya.

Jenis-Jenis Fiksi

Fiksi Mini
Ada jenis fiksi yang memiliki panjang kurang dari 1.000 kata

Cerita Pendek (Cerpen)
Cerita pendek merupakan karya yang memiliki panjang minimal 1.000 kata. Referensi lai menyebutkan minimal 2.000 kata namun diatas 7,500.

Cerita Bersambung (Cerbung)
Cerbung adalah cerpen yang bersambung dimana dalam satu judul cerita bisa dibagi menjadi beberapa bagian.

Novella
Novella merupakan karya yang memiliki sekitar 17,500 kata tapi dibawah 50.000 kata.

Novel
Novel merupakan karya dengan panjang kata nya 50.000 kata bahkan lebih dari itu.

Roman
Sejenis karya sastra dalam bentuk prosa atau gancaran yang isinya melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing. Bisa juga roman artinya adalah “kisah percintaan”

Ciri Ciri Fiksi :

  1. Terdapat bagian lakon
  2. Terdapat kejadian yang dilakonkan
  3. Bahasa tidak seragam
  4. Kumpulan kejadian dirangkai secara berurutan

Fungsi Fiksi :

Memperbanyak atau mengembangkan nilai normatif dan juga nilai estetis serta mengembangkan nilai praktis. Nilai praktis diambil oleh fiksi berdasarkan permasalahan realitas objektif yang dijadikan titik tolak penceritaan. Nilai normatif dan estetis ada dalam fiksi berdasarkan hasil penalaran dan pengolahan intelektual dan visi dari pengarang.

Baca juga :  TERPAKSA JAUH

Sebagai media atau sarana untuk menularkan pikiran kreatif, kepekaan rasa, kemapanan visi, kebijakan serta kearifan sang pengarang. Adapun fiksi sebenarnya merangsang si pembaca untuk agar mengenali, menghayati, menganalisis dan merumuskan nilai-nilai kemanusiaan yang ada dalam cerita atau kisah dari fiksi tersebut.


Contoh Cerita Fiksi

Contoh Fiksi Roman :

Gadis Empat Zaman
Si Dul Anak Jakarta
Katak Hendak Jadi Lembu
Neraka Dunia
Mencari Pencuri Anak Perawan


Contoh Fiksi Cerpen (Cerita Pendek)

Contoh cerita pendek sering kita jumpai di media cetak Indonesia, misalnya seperti koran dan majalah. Adapun judul cerpen tersebut diantaranya:

Oh Mama Oh Papa
Cinta Tak Kunjung Tiba


Contoh Fiksi Novel

Contoh karya sastra dalam bentuk Novel sudah banyak sekali saat ini dan mudah kita jumpai di toko buku. Adapun contoh novel diantaranya yaitu:

Dilan 1990
Ketika Cinta Bertasbih
Siti Nurbaya
Tenggelamnya Kapal Vander Wick


DAFTAR PUSTAKA

Ballaster, Ros (1992). Seductive Forms: Women’s Amatory Fiction from 1684 to 1740. Oxford: Clarendon Press. ISBN 0-19-811244-0.

Doody, Margaret Anne (1997), The True Story of the Novel (dalam bahasa bahasa Inggris), New Brunswick, NJ: Rutgers University Press, ISBN 9780813524535

Relihan, Constance C. (ed.), Framing Elizabethan fictions: contemporary approaches to early modern narrative prose (Kent, Ohio/ London: Kent State University Press, 1996). ISBN 0-87338-551-9

Facebook Comments
Latest posts by Writing Prodigy (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.