GIMANA CARANYA BISA MENULIS BUKU BEST SELLER?

Ns. Satya Putra Lencana RN
Follow me

Hallo Sahabat Prodigy …

Ada yang berkeinginan menulis di penerbit mayor? Pengen nulis buku yang bisa jadi Best Seller? Gimana membuat tulisan itu bisa benar-benar menjual dan laku keras di pasaran?

Pada prinsipnya, untuk mewujudkan itu kita perlu tahu tips dan trik bagaimana proses buku berhasil bertengger di rak best seller diciptakan. Faktanya, tidak semua penulis mampu menembus penerbit nasional sekelas Gramedia atau Mizan ini . Meskipun ada banyak penulis yang sudah berkali-kali menciptakan bukunya, tapi belum tentu bisa tembus penerbit mayor.

Nah, perlu kita ketahui dulu nih konsep penerbitan. Jadi secara garis besar, penerbitan itu dibagi menjadi dua; Penerbit Mayor dan Penerbit Minor (Indie). Penerbit Mayor adalah lembaga penerbit komersil skala nasional yang sudah memiliki ribuan outlet dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Sedangkan, penerbit indie adalah penerbit skala kecil yang belum memiliki sistem outlet yang banyak. Tapi, yang jelas semuanya sama-sama bergerak di bidang yang sama dan termasuk dari pionir pendorong literasi bangsa ini.

Kalau bagi penulis pemula, obsesi ini boleh-boleh saja untuk langsung bisa tembus penerbit mayor, tapi masih terlalu dini. BERAT BOSQUE…

Prioritas penulis pemula adalah bagaimana bisa menerbitkan buku dengan baik, berkualitas dan bisa menginspirasi banyak orang dengan isinya. Itu dulu. Mau diterbitkan dimanapun sama aja, sama-sama jadi buku kan?

Nah, bagi penulis yang mungkin sudah sering nerbitin buku, udah saatnya nih nyoba ke tingkat yang lebih tinggi. Pasti dong, kalau tembus di penerbit mayor jelas jangkauannya lebih luas dan pangsa pasar pembacanya yang lebih banyak. Maka, pada tulisan kami kali ini ingin berbagi ilmu tentang buku-buku yang seperti apa sih yang bisa tembus Best Seller tanpa adanya filter dari pembaca?

Sobat Prodigy bisa mengingatnya dengan Mnemonic KUMIS Pak Tri. Ingat ya, ini cuma mnemonic (batu loncatan) atau jembatan keledai bagaimana sebuah konsep itu mudah diingat. Kami mohon maaf lho barangkali yang baca artikel ini ada yang namanya Pak Tri juga hehe

Apaan sih KUMIS Pak Tri? Okey, yuk kita bahas satu per satu.

KONTROVERSIAL
Tulisan yang kontroversial selalu menjadi pusat perhatian, selalu mengundang rasa penasaran dan banyak tanya. Jenis tulisan ini biasanya sering melawan arus. Sering berlawanan dan berusaha untuk selalu berbeda dengan pendapat atau pemikiran khalayak umum.

Kita ambil contoh kalau di dunia politik seperti Pak Rocky Gerung yang selalu berpikir berbeda dari kebanyakan orang. It’s oke. Sah-sah saja. Kita bisa mencoba menulis buku jenis ini asalkan tidak menyebut nama atau jabatan fungsional tertentu yang itu menyinggung pihak yang bersangkutan.


UNIK
Nah, tulisan yang unik itu masih ada mirip-miripnya dengan kontroversial, akan tetapi buku ini tidak terlalu mengundang tanda tanya besar seperti jenis kontroversial. Buku atau tulisan yang unik itu bisa diciptakan dari pengalaman hidup seseorang yang unik atau justru buku yang nyeleneh yang berisi kekonyolan tentang suatu hal. Apalagi isinya yang menghibur atau mengadung makna filosofi hidup. Contoh buku jenis ini buku karangannya M.H Ainun Najib dimana paparan atau ceramahnya ditulis dengan benar-benar unik.

Biasanya buku-buku jenis ini sangat laris di pasaran. Bagi penulis yang punya pengalaman hidup pribadi atau kisah orang lain dan mampu dituliskan dengan baik, maka sangat berpeluang besar jadi Best Seller. Tinggal tunggu aja, para pembaca akan datang berbondong-bondong menyerbu.

Baca juga :  PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF

MISTERI
Jenis tulisan yang ketiga yang sering laku keras adalah buku yang mengandung misteri. Buku yang setiap babnya selalu meninggalkan pertanyaan besar pembacanya. Contoh buku ini adalah buku Novel karya Agatha Cristie.

Selama karirnya, Agatha Christie telah menghasilkan hingga 66 judul novel detektif dan 14 judul lainnya. Dia tercatat sebagai salah satu penulis novel paling laris sepanjang masa dengan penjualan hingga dua miliar kopi di seluruh dunia. Novel karyanya bahkan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa.

Mungkin ini bisa jadi alternatif buat para makhluk kepoisme supaya suka baca kali ya hehe


INSPIRATIF
Tulisan inspiratif adalah tulisan yang kaya akan makna kehidupan. Tulisannya memberikan kekayaan batin, khasanah moral dan informasi psikologis. Jika Anda seorang inspirator atau motivator sudah saatnya mencoba menuliskannya menjadi buku, agar kata-kata penggungah semangat itu abadi dalam goresan tinta yang akan hidup lebih lama dari usia kita. Sekarang, nanti atau berpuluh tahun lagi, barangkali akan ada orang yang memetik, mempelajari dan termotivasi hidupnya lalu bangkit menjalani hari-harinya dengan lebih semangat menatap masa depan.


SENSASIONAL
Tulisan yang sensasional itu tulisan yang lebay tapi enak dibaca. Isinya sederhana tapi tidak norak dan nyaman dibaca. Tulisan yang kaya dengan permainan kata dan merangsang perasaan atau emosi pembaca. Berusaha menampilkan ide cerita yang lazim terjadi di masyarakat tapi dikemas dengan alur cerita, konflik atau cara penyelesaian masalah yang berbeda. Meskipun kisahnya biasa saja dan sering ditemui, tapi jika ia dapat membangkitkan emosi pembaca larut dalam tulisan tersebut, maka tulisan tersebut bisa dikatakan sensasional.

Misalnya nih, novel tentang pelakor. Nah, biasanya kan isinya ya tentang cinta segitiga yang tak normal karena ada pihak wanita baru yang hadir dalam hubungan orang lain. Nah, jawabannya sudah ketebak kan, ujung-ujungnya mungkin hubungan mereka cerai, lalu si wanita pelakor ini menang dan berhasil mendapatkan laki-laki pujaan hatinya, ya meskipun dengan cara yang salah, atau justru hubungan kedua insan ini menjadi semakin solid, kuat, kokoh dan akhirnya menyingkirkan gangguan pelakor itu untuk pergi.

Lalu, bagaimanakah jika si aktor pelakor ini ternyata justru si cowoknya? Pasti mengundang banyak tanya kan hehe. Maaf, lho ya, ini cuma contoh, sebatas tulisan.


PROBLEM SOLVING
Setiap orang tentu punya masalah. Baik tentang diri sendiri, keluarga, kerjaan, persahabatan, pemerintah dan sebagainya, dan masalah satu orang dengan orang lainnya tentu berbeda. Tulisan jenis ini juga tak kalah banyak peminatnya. Materi yang dipaparkan merupakan solusi-solusi yang ditawarkan untuk pemecahan suatu masalah. Buku ini selalu dibutuhkan bagi mereka yang memiliki kesamaan masalah dan membutuhkan solusi pada masalah yang sedang dialami oleh pembaca.

Contohnya tulisan ini seperti tulisan David Back Hands yang isinya memberikan problem-problem sekaligus solusinya. Ada juga Prof Refli Harun, seorang pakar hukum tata negara yang memaparkan tulisannya dengan sangat menarik. Termasuk juga buku-buku tentang How to, dimana buku ini menyajikan cara-cara pembuatan sesuatu, mulai dari kuliner, perabot rumah tangga dan sebagainya.


TREND
Jenis tulisan ini adalah tulisan musiman.  Biasanya sekali muncul bejibun. Tulisan jenis ini mengikuti pasar yang sedang trend. Misalnya, jika saat ini sedang musim Aparatur Sipil Negara (ASN), maka akan sangat banyak sekali buku-buku latihan soal-soal CAT di gramedia dan pusat toko buku lainnya. Buku-buku jenis ini paling banyak yang bertema tentang novel atau travelling. Pada tahap ini, penulis sepatutnya melakukan riset kecil-kecilan dulu di toko buku dan menganalisa, buku-buku apa saja yang sedang laris di pasar.

Oya, rata-rata buku yang bisa tembus di penerbit mayor itu paling cepat bisa nongkrong di sana selama enam bulan. Kalau, buku itu repeat order, sirkulasinya lancar, ya bisa lebih lama. Bahkan ada yang bisa sampai dua tahun. Jadi, Give All Your Best!

Okey, demikian sharing mnemonic KUMIS Pak Tri ini kita sajikan. Semoga bermanfaat. Salam hangat.


Facebook Comments

13 Comments














Leave a Reply

Your email address will not be published.