SKRIPSI (Part 1)

Triyana Puspa Dewi
Follow me
Latest posts by Triyana Puspa Dewi (see all)

Adakah diantara pembaca yang merasa belum pernah mendengar kata ‘Skripsi’? Sampai saat ini belum pernah terdengar ada seseorang yang menyuarakan betapa mudahnya melewati masa-masa skripsi. Jika masa putih-abu membutuhkan Ujian Nasional, begitu juga halnya dengan skripsi bagi mahasiswa. Mahasiswa dituntut dengan sebuah karya tulis sebagai hasil akhir yang membuatnya harus berhubungan dengan dosen pembimbing, dosen penguji dan juga pihak-pihak lain yang terkait. Beruntunglah setiap orang yang bisa melewatinya dan memahami betul apa yang dituliskannya dalam lembar demi lembar skripsi itu. Dalam tulisan ini akan dibahas secara singkat tentang beberapa hal terkait penyusunan skripsi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan skripsi sebagai ‘karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya’. Ketika membaca kata ‘wajib’, sudah tersirat bahwa tanpanya tidak ada kata Sarjana. Bukankah kita sering mendengar julukan ‘mahasiswa abadi’ bagi seseorang yang terganjal kelulusannya selama bertahun-tahun karena tidak menyelesaikannya? Meskipun tidak mudah, tapi menyerah karena skripsi di detik-detik terakhir perjuangan kuliah bukanlah hal yang ‘keren’.

Salah satu kendala yang awam dijumpai saat memulai penyusunan skripsi yaitu menemukan judul yang tepat. Sebuah buku Skripsi Don’t Worry bahkan menyampaikan salah satu strategi menemukan judul skripsi adalah dengan mengakses judul skripsi sesuai bidang yang diminati melalui situs penyedia skripsi. Tentu hal ini sangat membantu mahasiswa yang merasa tidak memiliki banyak waktu untuk mengakses skripsi di perpustakaan kampus. Tidak hanya sampai di situ, membangun ide skripsi juga bisa dimulai dari membaca situs berita online yang dirasa memiliki keterkaitan dengan jurusan saat ini (Gunawan 2017).

Baca juga :  TRAVELOG

Tetapi, judul yang dirasa cocok dan memungkinkan untuk diteliti tidak bisa langsung diadopsi. Menemukan sebuah judul yang tepat seharusnya melewati beberapa tahap dalam proses berpikir. Proses tersebut secara berurutan dimulai dari menentukan topik, masalah (kesenjangan antara fakta dan harapan), merumuskan masalah hingga tujuan dilakukannya penelitian sehingga judul penelitian dapat ditentukan (Nursalam 2017).


DAFTAR PUSTAKA

Gunawan, Ce. 2017. Skripsi Don’t Worry . Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis Edisi 3. 4th ed. Jakarta: Salemba Medika.


Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.