DUNIA SIAP SAMBUT VAKSIN COVID-19

Ns. Satya Putra Lencana RN
Follow me

Hampir satu tahun Pandemi COVID-19 meluluh-lantakan semua sendi kehidupan. Kesehatan publik dan juga ekonomi jadi yang terparah. Sebagian negara-negara dunia mulai pulih. Puncak kasus dan gelombang kedua (Second Wave) sudahpun dilewati. Namun Indonesia sepertinya masih jauh berbicara soal puncak kasus, dimana penanganan yang disebut tak sesuai standar sains membuat puncak kasus dari virus ini tak bisa diramalkan.

Namun, ada kabar baik! Vaksinasi masal sudah di depan mata. Lantas vaksin-vaksin apa saja dan juga negara-negara mana saja yang sudah lebih dulu memvaksinasi masal rakyat mereka?

Mari kita lihat vaksin-vaksin yang sudah tersedia saat ini, yang sudah lulus diuji coba dan akan segera digunakan untuk vaksinasi masal.

Vaksin Siap Digunakan

1. Vaksin PFIZER dan BIONTECH

Vaksin ini merupakan vaksin produksi Amerika Serikat yang digadang-gadang akan menjadi vaksin utama dunia dengan rincian sebagai berikut :

PENJELASANKETERANGAN
Tingkat Efektifitas95%
Harga20 USD (Rp. 283.000/dosis)
Telah diberikan izin olehFood and Drug Amerika Serikat (FDA)

2. Vaksin SINOVAC

Vaksin ini merupakan vaksin produksi Cina dimana tingkat efektifitas terbarunya (uji klinis tahap ketiga) memang belum diketahui, namun pada uji klinis awal tingkat efektifitasnya mencapai 97%. Vaksin ini adalah vaksin yang akan digunakan oleh Pemerintah Indonesia

PENJELASANKETERANGAN
Tingkat efektifitasBelum diketahui
Uji Klinis Awal97%
HargaRp. 200.000/dosis

3. Vaksin SPUTNIK V

Vaksin ini diproduksi oleh Negara Rusia dan sudah digunakan secara masal di Rusia yang cukup mengundang kontroversial, karena sebenarnya vaksin ini belum lulus uji coba tahap terakhir (Tahap Ketiga).

Baca juga :  THE PET-HUMAN CONNECTION
PENJELASANKETERANGAN
Tingkat Efektifitas92%
Harga10 USD (Rp. 140.000/dosis)

Vaksin Masih dalam Uji Coba Tahap Akhir (Tahap Ketiga)

Namun demikian, saat ini ada beberapa vaksin-vaksin baru yang sedang masuk uji tahap akhir (Tahap Ketiga) yang pastinya menambah optimisme kita ke depan, diantaranya :

1. Vaksin MODERNA

Vaksin ini berasal dari Amerika serikat yang sedang memasuki proses uji klinis tahap ketiga. Vaksin ini didistribusikan sebanyak 100-125 juta dosis di kuartal tahun pertama 2021 mendatang hanya untuk Amerika saja.

PENJELASANKETERANGAN
Tingkat Efektifitas94%
Harga50 USD (Rp. 702.000/dosis)

2. Vaksin ASTRAZENECA

Ini adalah salah satu vaksin ternama juga yang pengerjaannya bekerjasama dengan Oxford University, di Inggris. Namun, ada yang janggal pada vaksin ini karena pada saat uji coba awal vaksin ini dinyatakan memiliki efektifitas 90% tetapi ketika diuji coba ke relawan hanya efektif 70% saja.

PENJELASANKETERANGAN
Efektifitas90%
Uji coba pada relawan70%
Harga4 USD (Rp. 56.625/dosis)

3. Vaksin SINOPHARM

Vaksin ini juga vaksin dari Cina dimana Indonesia juga tengah mengantri mendapatkan vaksin ini. Vaksin ini juga telah mendapat approval (izin) di Negara Uni Emirat Arab untuk digunakan dalam keadaan darurat. Namun, efektifitas vaksin ini cukup rendah yaitu sekitar 84% untuk melawan Virus Corona

PENJELASANKETERANGAN
Efektifitas84%
Harga145 USD (Rp. 2.05 Juta/ 2 dosis)

Negara-Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi Masal

Melihat sudah banyaknya jenis vaksin yang bermunculan, negara mana sajakah yang sudah memvaksinasi warganya?

1. INGGRIS

Inggris disebut-sebut menjadi negara pertama yang sudah melakukan vaksinasi masal kepada warganya dimana 40 juta dosis Vaksin PFIZER dan BIONTECH telah tiba di Inggris pada 3 Desember 2020 lalu. Dan tak lama, pada 7-8 Desember 2020 kemarin vaksinasi sudah dilakukan pada kelompok-kelompok prioritas seperti petugas medis dan lansia.

2. RUSIA

Sebelum Inggris, ternyata Rusia juga salah satu negara pertama yang sudah memvaksinasi masal warganya dengan vaksin buatannya sendiri yaitu SPUTNIK V pada tanggal 11 Agustus 2020. Baru kemudian dilakukan dilakukan kembali vaksinasi masal pada tanggal 14 Desember 2020 lalu.

3. CINA

Sebelum Inggris dan Rusia, ternyata Cina juga termasuk negara paling awal yang telah memvaksinasi masal warganya tepatnya pada Bulan Juli 2020 lalu dimana tentunya menggunakan vaksin buatan mereka sendiri yaitu SINOFARM. Hingga November 2020 kemarin Cina menyatakan telah menyuntik 1 Juta warga Cina dengan vaksi SINOPHARM. Bahkan Cina mengatakan bahwa sudah mempersiapkan sekitar 600 juta vaksin untuk warganya hingga akhir tahun ini.

Bagaimana dengan Negara Indonesia? Kapan vaksinasi akan dimulai?

Pada tanggal 6 Desember 2020 lalu merupakan hari yang bersejarah, dimana 1,2 juta dosis vaksin SINOVAC tiba di Indonesia, dan pemerintah mengatakan masih ada 1,8 juta dosis lagi yang akan tiba pada Januari mendatang.

Selain Vaksin SINOVAC, pemerintah Indonesia juga telah memesan jenis vaksin lainnya diantaranya : Vaksin Astrazeneca, Vaksin Biofarma, Vaksin Moderna, Vaksin Sinopharm, Vaksin Pfizer dan Vaksin Biontech.


Source :
Sinha, S. (2020, December 28). The challenges of distributing the Covid-19 vaccine to emerging markets. Retrieved December 28, 2020, from CNBC: https://www.cnbc.com/video/2020/12/28/the-challenges-of-distributing-the-covid-19-vaccine-to-emerging-markets.html?&qsearchterm=vaccine%20covid19

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.