DI BALIK ISTILAH REVIEW BUKU

Sea Woelandary
Follow me
Latest posts by Sea Woelandary (see all)

Bismillaah … assalaamu’alaykum.
Halo, Sahabat Prodigy.

Baidewai, sudah pernah dengar istilah review buku belum? Istilah review buku tak ubahnya resensi buku. Kalau resensi buku, sudah pernah dengar istilah itu? Umm … atau justru Sahabat Prodigy sering melakukannya?

Review berasal dari bahasa Inggris yang berarti ulasan. Dalam KBBI, kata ulasan mmeiliki arti tanggapan, tafsiran, dan komentar. Oleh karena itu, review dapat diartikan sebagai tanggapan, tafsiran, atau komentar terhadap suatu hal, seperti buku, film, gadget, dan lainnya. Biasanya, dalam melakukan review ini disertai dengan penilaian dan perbandingan dengan produk lain yang serupa.

Ada beberapa jenis review, antara lain:

  1. Review Teks
    Review teks adalah teks untuk mengklasifikasikan suatu karya, baik film, buku maupun lainnya untuk mengetahui kualitas, keunggulan, dan kelemahan yang ada pada karya tersebut.
  2. Review Jurnal
    Review jurnal adalah sebuah strategi untuk memudahkan pemahaman inti dari penelitian yang telah dilakukan.
  3. Review Gadget
    Struktur Tulisan Review Produk cocok digunakan pada review terbaru sebuah gadget.
  4. Review Buku
    Setiap hari, buku yang bermacam topik dicetak dan didistribusikan. Pembaca memerlukan review terbaru pada buku untuk memudahkannya mencari bacaan yang tepat.
  5. Review Elektronik
    Sama dengan gadget dan buku, elektronik membantu kerja manusia. Elektronik yang diperlukan manusia harus dipilih sesuai dengan kegunaan. Calon pengguna masih memerlukan review terbaru dan terlengkap tentang elektronik sebagai referensi sebelum membeli.
  6. Review Makanan
    Calon pemakan ingin mengetahui isi, bau, rasa, dan harga dari makanan. Review makanan ini merupakan cara mudah menulis review bagi pemula dengan melihat tampilan dan mencicipinya.
  7. Review Aplikasi
    Semakin maraknya jenis gadget yang modern dan canggih, semakin marak juga jenis aplikasi yang bisa di-download untuk penunjang gadget. Pengguna gadget akan mencari aplikasi pendukung kegiatan sehari-hari sehingga calon pengguna aplikasi memerlukan review.
  8. Review Film
    Bagi penyuka film, calon penonton akan mencari tahu film yang akan tayang. Mencari tahu pemain, garis besar cerita, dan tempat film tersebut dibuat untuk menjadikan penonton ingin menonton film rersebut.

Pembahasan kali ini fokus terhadap segala hal yang berkaitan dengan review buku.

Review buku adalah tanggapan, tafsiran, penilaian terhadap mutu/kualitas/isi dari sebuah buku dengan menekankan pada penilaian secara ilmiah atau berdasarkan argumen (pendapat). Dengan kata lain, review buku adalah kegiatan mengupas, mengevaluasi, mempertimbangkan, mengkritik, membedah substansi sampai memberikan komentar kepada sebuah buku.

Baca juga :  ALMANAK

Dalam melakukan proses review buku tentu saja ada beberapa tahapan, di antaranya:

  1. Tulis Identitas Buku
    Tujuannya jelas, agar pembaca tahu buku tersebut menuliskan dan menyampaikan tentang tema apa. Memang hanya secara garis besar, tetapi ini cara yang paling ampuh dan menjawab semua pertanyaan pembaca. Identitas buku tersebut, meliputi:
    • Nama Penulis
    • Tahun Terbit
    • Penerbit
    • Jumlah Halaman
    • Harga Buku
    • Nomor ISBN
    • Profil Penulis
  2. Baca Daftar Isi dan Sinopsis
    Sebelum membaca secara keseluruhan, Sahabat Prodigy bisa memulainya dengan membaca daftar isi sekaligus sinopsisnya agar Sahabat Prodigy memiliki gambaran yang luas tentang isi buku tersebut.
  3. Baca Bukunya
    Selanjutnya, Sahabat Prodigy harus membaca bukunya secara keseluruhan. Jika dituntut untuk membaca cepat, Sahabat Prodigy bisa melakukannya dengan memberi tanda bagian-bagian terpenting dari buku tersebut.
  4. Ungkapkan Apa yang Sahabat Prodigy Sukai
    Sahabat Prodigy cukup mengungkapkan apa yang disukai dari isi buku tersebut. Jadi, dengan cara menuangkan apa yang Sahabat Prodigy rasakan saat membaca buku tersebut, akan memberikan ruh dan rasa berbeda bagi pembaca. Setidaknya, review tersebut benar-benar ditulis berdasarkan hati, bukan berdasarkan ilmu kira-kira.
  5. Sampaikan Teknis Penulis dalam Menuliskan Buku
    Pada tahap ini, Sahabat Prodigy bisa menuliskan atau menyinggung teknik penulisan yang digunakan oleh penulis. Sebenarnya tidak hanya itu saja, Sahabat Prodigy pun bisa menjelaskan dan mengungkapkan tentang setting yang digunakan oleh penulis. Jika Sahabat Prodigy me-review novel maka tidak ada salahnya jika menyinggung tentang karakter tokoh. Jika yang di-review adalah buku motivasi atau buku bacaan, Sahabat Prodigy pun bisa menjelaskan daya tarik yang didapatkan atau ilmu baru yang diperoleh dari buku tersebut. Memang sedikit berbeda antara me-review buku novel dan nonnovel. Namun, prinsip semuanya adalah tonjolkan hal menarik dari masing-masing buku yang di-review. Intinya buat pembaca penasaran dengan isi bukunya.
  6. Beri Penilaian
    Cara me-review buku, baik buku fiksi maupun buku nonfiksi yang baik adalah menunjukan peruntukan segmentasi pembaca. Maksudnya adalah buku yang Sahabat Prodigy review diperuntukan untuk kalangan mana saja, apakah mahasiswa, pelajar, atau umum? Segmentasi pembaca ini penting disebutkan karena akan menentukan dan membantu pembaca tahu klasifikasi dan peruntukannya. Selain itu, berikan pula penilaian. Sahabat Prodigy bisa menggunakan rentang 1-5 atau 1-10.
  7. Buat Kesimpulan
    Cara me-review buku yang bisa menjadi gong adalah menuangkan kesimpulan pribadi (subjektif). Jadi, kesimpulan akhir yang Sahabat Prodigy temukan setelah membaca buku bisa dituangkan. Mengapa disebut gong? Karena kesimpulan subjektif akan membantu Sahabat Prodigy menentukan akhir dari review.

Review buku harus ditulis secara jujur, bukan mengada-ada atau dibuat-buat. Apa yang Sahabat Prodigy rasakan, tuliskan. Apa pun bentuknya, baik sedih, senang, tegang, antusias maupun perasaan-perasaan lainnya.

Gimana?
Sahabat Prodigy sudah memperoleh gambaran kegiatan review buku itu ngapain aja? Sudahkah siap membuat review buku?

Coba pilih salah satu buku lalu buat review-nya. Good luck, ya.

Wassalaamu’alaykum.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.