PENANTIAN PANJANG KE ARAB SAUDI

6
1
Ns. Satya Putra Lencana RN
Follow me

Untukmu yang saat ini sedang berada dalam masa penantian, bersabarlah. Bekerja di luar negeri tidaklah sama dengan di negeri sendiri. Kita harus bersahabat dengan penantian yang panjang. Penantian yang tak berujung, penantian yang tak memiliki kepastian akhir bahkan banyak membuat sebagian orang menyerah dan mengubur dalam-dalam harapan itu.

Saya sendiri dulu pernah berada di titik yang sama. Masa dimana ketidakpastian itu selalu menghantui. Idealisme seseorang pada masa ini benar-benar akan diuji, di lain sisi berambisi mengejar karir di luar negeri, di sisi lain butuh uang untuk biaya sehari-hari. Maka, sekali lagi, periode ini adalah periode terberat bagi calon tenaga kerja kesehatan Indonesia di luar negeri.

Saya dulu juga idealismenya tinggi, namun lambat-laun mulai bersahabat dengan keadaan. Kita boleh-boleh saja berpikir idealis, tapi juga harus realistis. Perjalanan menuju puncak gunung tertinggi itu pasti berbeda dengan mendaki bukit-bukit kecil. Kerikil, udara, kelembapan dan suhu ekstrim jelas tak sama. Maka, dimanapun kamu saat ini berada, bersabarlah seraya menunggu ada informasi baik di hari berikutnya.

Bagi kamu yang masih freshgraduate, baru lulus dan ingin berkarir di luar negeri tapi belum punya pengalaman kerja sama sekali, saya sarankan ambillah sesegera mungkin kesempatan bekerja yang ada sekarang. Karena, bisa jadi proses bekerjanya kita itu justru menjadi jembatan keledai kita untuk lebih mudah berkarir di Arab Saudi.

Saya dulu, sempat iri dengan teman-teman yang bisa berangkat ke Arab Saudi tanpa pengalaman kerja. “Kok bisa ya? Kok mereka aman ya tanpa pengalaman kerja? Atau memang ada sesuatu yang sengaja ‘ditebus’ supaya benar-benar bisa berangkat?”. Pertanyaan-pertanyaan itu selalu menghantui mimpi-mimpi saya sampai akhirnya saya menemukan jawabannya setelah Allah mentakdirkan saya berkerja lebih dulu di Indonesia.

Baca juga :  MENGAPA ARAB SAUDI LEBIH MEMILIH FILIPINA DARIPADA INDONESIA?

Alhamdulillah, di pertengahan agustus 2019 lalu saya bisa menginjakkan kaki pertama kali di negeri para nabi ini. Bukan untuk pamer, justru saya benar-benar menyadari jika saya sudah berada di Arab Saudi setelah 3 hari di sini. “Lho, kok bisa?” Iya, mimpi yang sudah lama saya idam-idamkan ini justru menjadi kenyataan ketika saya hampir benar-benar menguburnya.

Begini teman-teman. Bekerja di luar negeri ini banyak sekali factor kendalanya, terlebih ke negara yang tidak ada program G to G dengan Indonesia, otomatis semuanya serba tergantung dengan PT/Agensi di Indonesia. Ada banyak beragam persoalan birokrasi yang memang bisa dibilang cukup rumit dan panjang untuk diurai. Maka, inilah yang sebenarnya membuat kita selalu berada di zona penantian.

Yang pertama, tidak adanya lowongan kerja / Job Order. Maka, sampai kapanpun kita menunggu, kalau di Arab Saudinya belum membuka lowongan kerja lagi, agensi manapun sebetulnya haram untuk menjual informasi palsu dengan dalih menampung dan memberikan sebidang pelatihan.

Kedua, ketika lowongan kerjanya ada, namun ternyata PT nya bermasalah (diskorsing atau bahkan di cabut izin operasionalnya). Maka, sampai kapanpun kita akan terus diberi harapan-harapan palsu untuk terus menunggu.

Ketiga, ketika lowongan kerja ada, PT nya juga aman (aktif), tapi ternyata banyak pihak-pihak; baik pemerintah atau non yang ‘ambil peran tanpa hak yang sah’ ikut campur urusan kita, maka lingkaran bara api ini nggak akan pernah padam sebelum mereka benar-benar bisa mendapatkan kemauannya.

Keempat, terkadang yang membuat penantian kita panjang adalah tidak hanya berasal dari dalam negeri sendiri, tapi juga kadang dari luar negeri. Contohnya, Arab Saudi menutup penerimaan tenaga kerja asing baru baik formal maupun non formal atau menutup penerbangan internasional yang masuk ke Arab Saudi demi membatasi penyebaran COVID19 dan sebagainya.

Maka, dengan ini dapat disimpulkan bahwa bekerja di Arab Saudi itu bisa dikatakan GGS (Gampang-gampang susah). Jadi bersabarlah … dan jangan lupa, selalu minta do’a dan restu dari orang tua. Karena do’a mereka, bisa menembus segala ketidakmungkinan.

Untukmu yang masih berada dalam penantian panjang, semoga Allah segera mengabulkan dan memberikan kelancaran dalam segala urusan aamiin …

See you …

Join ke telegram kami untuk mendapatkan informasi lebih banyak seputar berkarir di Arab Saudi klik https://t.me/DevisaKSA



Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.